Senin, 06 Februari 2012

PETA HARAPAN DAN MASA DEPAN GEMILANG*

PETA HARAPAN DAN MASA DEPAN GEMILANG*
Oleh: Drs. Wanapri Pangaribuan, MT**
______________________________________________________________
ABSTRAK
Sebuah impian, jika disertai dengan keyakinan kuat dan kerja keras, serta dilandasi komitmen perjuangan tanpa henti, akan memberi hasil yang gemilang, masa depan yang indah, masa depan yang harus diraih. Hidup penuh tantangan, hidup penuh persaingan, hidup penuh perjuangan, dan hidup penuh keindahan. Keindahan dapat kita miliki dan menjadi kebahagiaan bagi kita. Milikilah keindahan dan kebahagiaan itu yang merupakan hak kita dan diciptakan untuk kita.

A. KEBAHAGIAAN ITU ADALAH HAK DAN MILIK KITA
Hidup manusia diawali dengan kesempurnaan yang membahagiakan, semuanya disediakan Tuhan dengan berkelimpahan. Manusia diciptakan segambar dengan Allah, penuh kemuliaan dan kebahagiaan, tak pernah berkekurangan justru berkelimpahan. Manusia memiliki kuasa atas bumi dan langitpun mencurahkan berkah-berkah yang tak habis-habisnya. Tetapi kenapa begitu banyak manusia yang menderita, susah, dan berpenyakitan, saling menyakiti, saling membunuh ?
Dimanakah kemuliaan manusia yang dimilikinya ?? Tentunya telah hilang karena karakter yang dimilikinya telah hilang juga. Sebagaimana yang dikatakan oleh Bernard Show dalam Hukum Penuaian Pendidikan, “Show a though reap an action; show an action reap a habit; show a habit reap a character; show a character reap a dignity”. Dengan demikian kemuliaan manusia ada ketika karakter dimiliki. Bahkan dapat dikatakan bahwa: “ketika harta kita hilang sesungguhnya tidak ada yang hilang dari diri kita; ketika kesehatan hilang maka ada satu yang hilang; dan ketika karakter hilang maka segalanya telah hilang”. Dengan demikian segalanya adalah karakter.
Hal yang identik juga dikatakan para pemikir berikut yang diakses dari internet http://pondokibu.com/parenting/.. Theodore Rosevelt, Mahatma Gandhi, dan Martin Luther King. Theodore Rosevelt mengemukakan bahwa “mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman berbahaya bagi masyarakat”. Lebih lanjut Mahatma Gandhi memperingatkan bahwa “salah satu dari tujuh dosa fatal adalah pendidikan tanpa karakter”. Oleh karena itu pendidikan harus berkarakter, bahkan Martin Luther King mengatakan “kecerdasan yang berkarakter adalah tujuan akhir pendidikan yang sebenarnya”. Jadi jelaslah karakter sangat penting bagi manusia, bangsa dan Negara.
Jika manusia tidak bahagia, manusia menjadi miskin, manusia menjadi pesakitan, adalah akibat dari kehilangan karakter. Kebahagiaan tersebut adalah hak kita, kita harus memilikinya, kita harus menikmatinya, kita harus memperjuangkannya. Oleh karena itu, jangan biarkan diri mu tidak berbahagia, tidak kaya, akan tetapi jadilah orang-orang yang sukses, orang hebat, orang-orang yang memiliki kemuliaan. Sederhana yang harus anda miliki yaitu karakter.

B. ORANG-ORANG SUKSES DENGAN KARAKTER BAIK
Jika mendengar nama ini, orang akan langsung ingat dua hal, yakni Microsoft dan kekayaan. Yah, memang tak bisa dipungkiri, orang mengenal Bill Gates sebagai pendiri perusahaan piranti lunak terbesar di dunia. Selain itu, kekayaan yang diperolehnya dari perusahaan itu telah membuatnya jadi orang terkaya di dunia beberapa tahun berturut-turut, tanpa pernah tergeser ke posisi kedua sekalipun. Konon, kekayaannya mencapai 71% nilai anggaran belanja negara kita, yakni lebih dari Rp500 triliun. Sungguh fantastis!

Tapi, semua itu tentu melalui proses panjang. Semua berawal dari impian Bill Gates saat masih muda. Ketika itu, sekitar tahun 70-an, ia yang hobi mengutak-atik program komputer memimpikan bisa menghadirkan komputer ke rumah-rumah. Sesuatu yang dianggap sulit diwujudkan pada masa itu. Sebab, pada tahun itu komputer masih berukuran sangat besar dan hanya dimanfaatkan untuk hal-hal tertentu saja.

Kelahiran Seattle dari pasangan seorang pengacara dan pegawai bank ini memang terkenal cukup ambisius. Pada saat masih sekolah dasar, semangatnya yang cenderung menyulitkannya dalam pergaulan membuat orang tuanya memindahkan sekolahnya ke sekolah unggulan khusus laki-laki di Lakeside School. Di sekolah itulah ia pertama kali berkenalan dengan dunia yang mengantarkan pada bakatnya di bidang pemrograman. Saat itu ia mengenal mesin teletype, semacam mesin ketik yang bisa diberi program sederhana. Dari mesin itu, kemudian dia mulai menguasai dengan baik bahasa pemrograman BASIC. Ia pun lantas bertemu dengan komunitas penggemar program dan sering menghabiskan waktunya berjam-jam untuk menekuni hobi tersebut.

Ayah tiga anak ini kemudian mengembangkan bakatnya saat kuliah di Universitas Harvard. Namun, saat kuliah di universitas elit di Amerika itu, lagi-lagi ambisi Bill Gates membuatnya lebih memilih untuk mewujudkan impiannya, dibandingkan harus menyelesaikan studi. Ia memilih drop out dan berkomitmen kuat untuk mewujudkan ambisinya. Komitmen itu diwujudkan dengan ketekunan, ketelatenan, dan keuletan, sehingga pelan tapi pasti hobinya membuat program telah menjadi bisnis yang kian menguntungkan. Ia kemudian juga bertemu dengan Paul Allen, rekan yang kemudian turut membantunya mewujudkan impian menghadirkan komputer ke rumah-rumah. Duet mereka banyak menghasilnya program-program unggulan, salah satunya MS-DOS yang kemudian banyak dipakai sebagai software di berbagai komputer.

Berbagai inovasi tak henti dilakukannya. Hasilnya? Seperti yang dilihat banyak orang saat ini. Impian Bill Gates telah menjadi nyata. Hampir setiap rumah, kini mempunyai komputer. Dan, hebatnya, sistem operasinya kebanyakan menggunakan produk Microsoft. Inilah yang membuat pundi-pundinya terus mengembang.

Kini, dengan kekayaannya tersebut, Bill Gates dan istrinya, Melinda, kemudian mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan bentukan Gates ini digunakan untuk berbagai kegiatan sosial. Mulai dari menyalurkan beasiswa kepada kaum minoritas, berperang melawan penyakit seperti AIDS dan berbagai penyakit lainnya, hingga memerangi kelaparan dan kemiskinan. Tak tanggung-tanggung, pasangan suami istri ini menyumbangkan lebih dari US$ 5 miliar untuk kepentingan yayasan ini. Sebuah sumbangan terbesar di dunia yang pernah diberikan pada sebuah yayasan sosial.

Sebuah impian, jika disertai dengan keyakinan kuat dan kerja keras, serta dilandasi komitmen perjuangan tanpa henti, akan memberi hasil yang gemilang. Bill Gates adalah bukti nyata bahwa impiannya yang pernah dianggap mustahil, kini mampu diwujudkannya. Nilai keyakinan dan perjuangan inilah yang bisa kita contoh dalam kehidupan kita. Selain itu, kepedulian Bill Gates untuk berbagi juga bisa dijadikan teladan bahwa sukses kan lebih berarti jika kita bisa saling berbagi.
(http://www.wansbook.co.cc/2009/07/kisah-sukses-bill-gates.html)
Karakter apakah yang dimiliki oleh Bill Gates ??. Dan mari kita lihat tokoh-tkoh berikut (Pangaribuan, 2008).
Michelangelo (1475-1564) adalah seorang pemahat, pelukis, penyair, dan arsitek kondang, namun sifatnya gampang iri dan mudah naik darah, dijuluki “si bakat yang kesepian”. Salah satu karya pahatannya yang sangat terkenal adalah diberi nama “Daud”.

Raphael (1483-1520) pelukis dan pematung, dalam usia muda sudah terkenal, pahatannya banyak dalam bentuk Patung Maria.

Leonardo Da Vinci (1452-1519) yang merupakan guru dari Michelangelo dan Raphael, banyak melukis suasana perang yang heroic yang dibalik semuanya itu adalah kepedihan. Alangkah indahnya jika jehidupan ini tidak ada perang, tetapi hanya ada kebahagiaan. Kebahagiaan itu tergambar dari senyum yang teramat manis, dan ia melukis “Monalisa” dengan senyumannya termanis di dunia.
Diakhir hidupnya ia berpesan kepada salah seorang muridnya, :”Meizi, ingatlah hidup tanpa karya akan terasa panjang dan lamban, baik-baiklah mengisi hidup, sesungguhnya hidup ini singkat. Melewatkan satu hari yang penuh isi, akan memperoleh tidur yang tenang; demikian juga, giat mengisi sepanjang hidup, akan pergi dengan tenang”. Ketiga tokoh Seni di atas adalah bangsa Francis.

Tokoh seni terkenal Indonesia: Affandi, Rendra, Guntur Soekarno Putra, dll.
Walt Disney (1901-1966) bangsa Amerika dengan filim karton humor yang disukai oleh anak-anak sedunia. Ia penggagas dan pembangun “Disney Land” yang resmi dibuka tanggal 23 Oktober 1971.

Sidharta Gautama adalah anak dari Raja Sudhodana dan Ratu Maya dari kerajaan Kosala. Raja sangat perkasa dan gagah berani serta penuh dengan ambisi menaklukkan kerajaan lain. Pada tahun 623 SM, di India terdapat banyak kerajaan dan saling berperang. Sidharta Gautama adalah putera mahkota yang menjadi Pangeran, selalu merasa sedih ketika harus berperang dan banyak melukai dan membunuh manusia. Iapun menghindarkan diri dari peperangan dan meninggalkan kerajaan pergi bertapa dan merenung dan ia menjadim manusia yang sejati yang tak terikat waktu dan tempat (dia menjadi Budha): “Suasana hati yang bersih adalah yang terpenting”. Sidharta Gautama adalah bangsa India.

Galileo Galilei adalah bangsa Italia (1564- 1642) anak dari seorang musisi terkenal yang bernama Vincenzio. Dalam masa kecilnya, Galileo hanya bermain membaca, bermain musik dan melukis. Namun karena ayahnya tidak memiliki cukup dana, maka Vincenzio sering meminjam buku-buku ilmu pengetahuan dari orang-orang kaya untuk dibaca oleh anaknya. Galileo Galilei menemukan system tata surya, yang menyatakan bahwa: “Mata hari adalah pusat dari planet-planet”. Pernyataan Galileo Galilei menentang pernyataan Aristoteles dan Kaum Gerejani, yang menyakatakan bahwa: “Matahari mengelilingi bumi”. Galileo Galilei juga menciptakan jam bandul. Galileo Galilei adalah ilmuan abad ke-16;

Newton dengan hokum geraknya adalah ilmuan abad ke-17;
Albert Einstein dengan teori relativitasnya adalah ilmuan abad ke-20.
Alfred Bernhard Nobel (1833-1896) penemu dinamid, dan hasil pemuannya ia mempunyai uang yang sangat banyak, dan diakhir masa hidupnya ia berpesan:”semua uang dan hasil dari uang yang disimpannya sksn diberi kepada penemu-penemu sepanjang zaman, yang disebut sebagai hadiah Nobel. Hadiah Nobel pertama diserahkan pada tahun 1901, kepada para ilmuan dan perdamaian dunia. Alfred Bernhard Nobel adalah bangsa Swedia.
Marie Curie (1867-1934) bangsa Polandia, menemukan Teori Radio Aktif dan menemukan Radium, dan ia menerima hadiah Nobel bidang Kimia tahun 1911.

Wright bersaudara (1867-1947) bangsa Amerika, penemu pesawat terbang, dan membuat pabrik pesawat terbang “Wright Company) tahun 1909.
James Watt (1776-1819) bangsa Scotlandia penemu mesin uap. Diakhir hidupnya, ia berkata:” Jangan takut bekerja keras, karena itulah kunci kesuksesan”.
Alexander Graham Bell (1847-1923) bangsa Skotlandia penemu telegraf tahun 1875, dan penemu telepon tahun 1876. Mendirikan sekolah tuna rungu tahun 1883.
Christopher Columbus (1451-1505) bangsa Italia pemimin ekspedisi yang mengharungi Samudra Atlantik dan menemukan Pulau Kuba, dan menyatakan bahwa: Dunia ini adalah bulat, buka seperti piring ceper”. Terkenal dalam wacana dan cerita yaitu: “telur Calombus”
C. KELUAR DARI SUMUR TUA
Karakter buruk yang kita lakukan pada masa-masa yang lalu membenamkan kita ke dalam sumur yang dalam sehingga kita tak leluasa berkembang dan berprestasi serta sukses. Kita semua harus keluar dari sumur tua yang kita gali sendiri dan kita terperosok ke dalamnya. Keluar dari sumur tua adalah membangun karakter baik dalam diri kita.

Masa depan yang gemilang dapat diraih dengan karakter-karakter baik kita. Sebagai manusia, kita mesti jujur, bahwa pada tahun lalu, kita melakukan pelbagai tindakan negatif. Ini perlu kita imbas dan renungkan kembali, apa implikasinya terhadap diri, keluarga, negara dan agama. Perhitungan ini sangat perlu dilakukan, agar kita mampu mengkritik diri sendiri sebagaimana dikatakan, `hitung-hitung dirimu, sebelum kamu dihitung'.
Mereka yang mengakui kesalahan dan kejahatan sendiri akan lebih mulia berbanding dengan orang lain. Inilah ajaran suci kita, sehingga kelemahan yang ada dalam diri ini boleh kita ubah, bincangkan bersama dengan orang tua kita, dan dengan orang yang dekat dengan kita yang kita percaya. Dengan demikian, sifat negatif kita secara berangsur boleh berkurang.
Sebagai makhluk yang lemah, introspeksi diri sangat perlu dilakukan. Orang yang mulia adalah orang yang mau mengakui kesalahannya dan bertekad merubahnya. Rasulullah dengan ajaran sucinya selalu memberikan peringatan ini kepada para sahabatnya agar mereka menyedari betapa pentingnya mengubah diri. Perkara paling penting untuk mengubah diri, Rasulullah mengajarkan pelbagai macam doa, agar kita terhindar daripada segala sifat negatif. Apabila manusia mau merubah dirinya, maka Allah juga akan membantu kepada perubahan ini. “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib sesuatu bangsa, sampai mereka mahu merubah diri mereka sendiri”(maksud QS 13:11). (http://www.scribd.com/doc/7737633/Perancangan-Rapi-Untuk-Kejayaan-Masa-Depan).
Dalam Yakobus1:8, “Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya”.

Suatu saat ada perlombaan panjat tebing yang diikuti oleh para katak dari segala jenisnya. Ketika start semua penonton bersorak mendukung mereka. Tapi di tengah pertandingan, beberapa katak menyerah karena medan perlombaan sangat berat. Hanya ada lima katak terus berjuang mencapai garis akhir. Saat medan bertambah sulit para penonton yang tadinya mendukung para katak itu mulai tidak yakin akan kemampuan mereka. Mereka berteriak agar para katak menyerah saja. Bahkan sebagian memberitahu para katak bahwa medan yang berat itu berbahaya dan bisa membunuh mereka. Akhirnya hanya seekor katak yang bertahan dan memenangkan perlombaan. Setelah diteliti mengapa banyak yang gagal, hasilnya menyebutkan mereka mendengarkan perkataan penonton menjadi takut dan berhenti. Dan bagaimana dengan katak yang bisa terus dan akhirnya memenangkan pertandingan? Ternyata ia adalah seekor katak yang tuli, ia tidak mendengar apapun yang penonton katakan. Dalam kasus ini, budek itu anugerah.

Saat kesulitan hidup meningkat, daripada percaya Tuhan kita seringkali mendengarkan suara negatif orang-orang di sekitar kita dan mempercayainya. Jadi jika anda ingin mencapai tujuan hidupmu, jangan memberi tempat kepada perkataan negatif, intimidasi dari orang lain. Yakinlah akan tujuanmu, tempatkan perkataan Tuhan sebagai panduan, dan percayalah akan jawaban..doa-doamu! Tutuplah kuping Anda untuk hal-hal yang negatif! (http://renungan-harian-kita.blogspot.com/)
Dalam Mazmur 34:13-14 berkata: “Siapakah orang yang menyukai hidup yang mengingini umur panjang untuk menikmati yang baik ?. Jagalah lidah mu terhadap hal yang jahat dan bibir mu terhadap ucapan-ucapan yang menipu”. Dengan demikian orang-orang yang akan menikmati kebaikan dalam hidupnya adalah orang-orang yang berkata jujur, orang-orang yang menghindari ucapan-ucapan buruk. Orang-orang yang berkata-kata baik biasanya adalah orang-orang yang di dalam hatinya baik. Orang-orang yang hatinya baik akan menikmati kebaikan dari Tuhan .
“Lidah” memang bagian tubuh yang lemah dan kecil serta tak bertulang, namun lidah bila digunakan untuk hal yang tidak baik dapat berdampak keburukan yang luar biasa. “Fitnah lebih kejam dari pembunuhan” demikian besarnya kengerihan akibat dari lidah yang tak baik. Namun lidah jika digunakan dapat menjadi kebahagiaan dan kehormatan bagi pemiliknya dan juga bagi orang lain. Lidah dapat digunakan untuk memotivasi dan juga menghibur orang lain. Lidah yang baik adalah lidah yang selalu berkata baik, berkata jujur, berkata yang membuat motivasi.
D. PETA HARAPAN DAN MASA DEPAN GEMILANG
Masa depan yang baik, yang indah adalah hasil rancangan kita dan angan-angan kita. Mari kita angan-angankan masa depan kita yang terbaik yang harus kita raih. Mari kita merenung dan rileks untuk menghayalkannya. Mari kita sesuka hati kita mengangankan masa depan kita, tanpa terikat waktu, ruang, kelemahan, maupun tanpa halangan. Hal itu pasti dapat dicapai, karena Tuhan akan mengagurahkan bagi mu, bagi kita semua.
Kita semua yang hadir di sini adalah pemilik masa depan yang gemilang, masa depan yang membahagiakan kita, masa depan yang sukses dan semuanya dapat kita nikmati dengan karakter yang kita bangun. Kita adalah pemilik masa depan Negara yang kaya raya ini. Ditangan kita semuanya kejayaan akan dimiliki bangsa kita. Kita semua adalah orang-orang yang mampu dan berhasil menciptakan kejayaan bangsa dan Negara kita.
PETA REFLEKSI PERBUATAN
Mari kita ingat masa-masa lalu kita dengan mengisi tabel berikut.
ISILAH DENGAN HAL YANG ANDA INGAT MASA LALU YANG BERKESAN YANG BAIK MAUPUN YANG BURUK SEKARANG APA YANG TELAH ANDA LAKUKAN
PERBUATAN
BAIK Hingga 15 tahun yang lalu Hingga 10 tahun yang lalu Hingga 5 tahun yang lalu





PERBUATAN JELEK/ BURUK






PETA HARAPAN YANG GEMILANG
Tulislah cita-cita mu dan apa yang harus kamu perbuat
CITA-CITA HAL BAIK YANG HARUS DIPERBUAT UNTUK MENCAPAI CITA-CITA (untuk tahun-tahun yang akan datang)
Hingga 5 tahun ke depan Hingga 10 tahun ke depan Hingga 15 tahun ke depan Hingga 20 tahun ke depan












Hal inilah yang menjadi komitmen ku untuk masa depan ku yang gemilang. Medan, 06 Desember 2011
Pembuat komitmen.

(……………………………)
NIM.

Berdasarkan kedua tabel peta refleksi perbuatan dan peta harapan yang gemilang, kita mengenal diri kita, kita mengenal keinginan baik kita, kita mengenal dan mengetahui cita-cita kita. Cita-cita tinggal hanya cita-cita, ketika kita tidak berusaha meraihnya. Sejalan dengan hal itu, agar cita-cita kita tercapai maka kita harus menetapkan target dan capaian setiap tahun, setiap lima tahun, atau sepuluh tahun kemudian.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.com/doc/7737633/Perancangan-Rapi-Untuk-Kejayaan-Masa-Depan

http://www.wansbook.co.cc/2009/07/kisah-sukses-bill-gates.html
http://renungan-harian-kita.blogspot.com/
Pangaribuan Wanapri. 2008. “Membangun Ide dan Gagasan Ilimiah Bernilai Jual”. Makalah.
disampaikan pada Pelatihan Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa
Gagasan Tertulis, Tanggal 1-2 Desember 2009 di UNIMED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar